Santo Hieronimus berkata, "Tak Kenal Kitab Suci, Tak Kenal Kristus"

Selasa, 19 April 2016

PERTEMUAN I: PENGANTAR SEKOLAH KITAB SUCI

Kitab Suci adalah buku iman, yang berisi perjuangan manusia untuk mencari, menemukan dan mengenal Allah, Penciptanya. Di dalamnya berisi kisah kasih Allah terhadap manusia yang diciptakan-Nya, yang selanjutnya dipanggil-Nya hidup kudus dan layak sebagai anak-anak-Nya. Kekudusan panggilan Allah ini tertuang dalam perjanjian Allah dengan manusia, yang selalu diperbarui-Nya ketika manusia jatuh ke dalam dosa atau melanggar kekudusan Allah ini.

Kata Perjanjian menjadi kunci pembuka harta kekayaan iman yang tersimpan di dalam kitab suci. Sudut pandang perjanjian menjadi salah satu cara untuk mengenal dan memahami Yesus Kristus yang diwartakan oleh kitab suci, sejak Perjanjian Lama hingga mengalami kepenuhannya dalam Perjanjian Baru dan diwartakan oleh Gereja.

Ada enam perjanjian utama dalam kitab suci, menurut Santo Ireneus, melalui Adam, Nuh, Abraham, Musa, Daud, dan Yesus Kristus sendiri. Bagaimana secara umum semua itu terjadi, silahkan Anda mengunduh, tautan materi pertemuan pertama (1) Sekolah Kitab Suci, di bawah ini.

1. Pertemuan 1
2. Agenda
3. 2Korintus 5
4. 2Timotius 3
5. Doa Syukur Agung IV
6. Dei Verbum 21
7. Katekismus Gereja Katolik 288
8. Katekismus Gereja Katolik 357
9. Katekismus Gereja Katolik 401
10. Sacrosanctum Concilium 10
11. Kata-Kata Paus Fransiskus tentang Kitab Suci
12. Subtitle Film "Mengenal Kitab Suci Dalam 3 Menit"
13. Film "Mengenal Kitab Suci Dalam 3 Menit"

Atau Tautan Folder berikut: Materi Pertemuan I

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar